BAB 4 VEKTOR
Standar Kompetensi:
3. Menggunakan konsep matriks, vektor, dan transformasi
Kompetensi Dasar:
3.4 Menggunakan sifat-sifat dan operasi aljabar vaktor dalam pemecahan masalah
3.5 Menggunakan sifat-sifat dan operasi perkalian skalar dua vektor dalam pemecahan masalah
Alokasi waktu: 22 jam pelajaran
Dilaksanakan : Pert 30 s/d 41
Pertemuen ke-30 s/d 32
Rangkuman Materi
Vektor adalah besaran yang memiliki besar/panjang dan arah
a.
|
-
|
-
|
b. Notasi vektor : - Vektor A dinotasikan a atau a atau PQ
- Panjang vektor a dinotasikan ôa ô atau ôPQô
A. Vektor di Ruang Dua
1. Vektor di ruang dua adalah vektor yang terdiri dari dua komponen
Misalnya: Suatu vektor Bertitik awal di pusat koordinat O (0,0) dan berujung dititik A (x, y) dapat dinyatakan dalam bentuk
- Vektor baris : QA = = (x, y)
- Vektor kolom: OA = =
- Vektor basis : OA = = xi+xj
2. Vektor posisi
Jika diketahui titik A(x1, y1) dan B (x2, y2) maka:
- Vektor posisi titik A adalah : =
- Vektor posisi titik B adalah : =
- Vektor posisi titik AB adalah : = =
3. Vektor satuan
Vektor satuan dari adalah vektor yang searah dengan dan panjangnya satu satuan.
- Notasi : vektor satuan dari adalah
4. Vektor nol
Vektor yang panjangnya nol dan arahnya tak tentu, dilambangkan dengan
5. Hubungan dua vektor
- Kesamaan dua vektor : vektor dikatakan sama jika besar dan arahnya sama
- Dua vektor berlawanan: vektor dikatakan berlawanan jika besar sama tapi arahnya berlawanan
Misalnya:
6. Operasi aljabar vektor
a. Penjumlahan vektor
|
|
- Cara segitiga Cara jajaran genjang
b. Sifat-sifat penjumlahan vektor
- Kumutatif : + = +
- Asosiatif : (+) +
- Identitas :
- Invers :
c. Pengurangan vektor:
7. Perkalian vektor dengan skalar
Hasil kali vektor dengan skalar k adalah vektor yang arahnya sama dengan dan panjangnya k kali
Sifat-sifat perkalian skalar:
-
-
- k(la) = (kl)
- (k+l) = k+l
- k
Contoh:
Diketahui : =
Tentukan:
a. 2 - + 3
b. –a + 2b - 2
Jawab:
a. =
b. =
8. Perkalian skalar dua vektor (dot product)
a. Jika a = x1i + y1j dan b = y2j maka a . b = x1 x2 + y1 y2
b. Jika diketahui dan < = 60o
Contoh:
Diketahui :
Tentukan:
Jawab: = cos a
= 3 . 5 . cos 60o =
9. Panjang/lebar vektor
a. Jika AB = maka
Jika maka
Contoh:
Jika titik A(-3,-1) dan B(1,-4) tentukan
=
b. Resultan dua vektor
Jika panjang vektor adalah dan panjang vektor adalah maka:
1)
Keterangan: panjang ()
2)
Keterangan: panjang ()
Lembar Kerja Siswa
Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!
1. Jika titik A(-5,2), B(-2,6) maka tentukan:
a. vektor posisi OA, OB dan AB
b. Panjang vektor AB
Jawab:
a. = , , =
b.
2. Diketahui vektor = 2c + 3j dan = 3i – 2j tentukan
a.
b. cos <
< , = …..
Latihan
A. Berilah tanda silang (x) huruf a, b, c, d atau e pada jawabn yang paling benar!
1. Koordinat titik P (-2, 5) dan vektor maka koordinat titik Q adalah…..
a. (-6, 8)
b. (-2,-2)
c. (2,8)
d. (-6,2)
e. (2,2)
2. Perhatikan persegi panjang ABCD di bawah ini! Titik E adalah titik tengah AB. Jika vektor AB = dan maka vektor diwakilkan oleh …..
a.
b.
c.
d.
e.
3. Tentukan titik A(-3,5), B(1,-7), C(x,1) dan D(2,y). Jika vektor yang diwakili oleh berlawanan dengan , maka nilai x + y adalah….
a. -18
b. -13
c. 9
d. 13
e. 18
4. Vektor dan = -i+xj, jika 2 . b = -6 maka nilai x2-x =…
a. 2
b. 4
c. 6
d. -2
e. -6
5. Diketahui 2 vektor = 3i – (2x1)j dan = 6i = 2j, jika vektor sejajar dengan vektor maka panjang vektor P = …..
a. 1
b. 4
c.
d. 9
e.
6. Jika dan koordinat titik C (-5,3) maka koordinat titik B adalah….
a. (12,-19)
b. (-4,-12)
c. (-12,19)
d. (4,-12)
e. (12,19)
7. Diketahui dan jika dan = 5, maka nilai x adalah….
a. -4 atau 4
b. -4 atau 3
c. -3 atau 5
d. -3 atau 4
e. -5 atau 3
8. Jika titik P (2,1), Q(-1,3) dan R (-1,3) maka adalah…..
a. -13
b. -1
c. 1
d. 11
e. 13
9. Vektor , , membentuk sebuah segitiga maka nilai x – 2y = ….
a. 11
b. 6
c. 2
d. 1
e. -1
10. Jika dan maka adalah….
a. 2
b. 3
c.
d.
e.
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Diketahui jajaran genjang ABCD, titik P dan DC sehingga DP = DC = 1 : 2 dan Q titik tengah BC. Jika dan berturut-turut merupakan vektor posisi titik A, B, C dan D maka tentukan:
a. Vektor AP
b. Vektor D,Q dalam dan
2. Segitiga PQR, koordinat titik P(-5,1), vektor PQ = 7i – 4j dan tentukan:
a. Koordinat titik Q dan R
b. Vektor posisi
3. Koordinat titik P(5,-7), Q(-1,2) jika 3PR = 2PQ, tentukan
a.
b.
4. Segitiga ABC, , jika titik D pada BC dimana BD : DC = 3 : 2 maka tentukan vektor AD dalam dan
Pertemuan 33 s/d 35
Rangkuman Materi
B. Sistem koordinat titik di ruang tiga (R)
|
|
|
| ||||
| ||||
Koordinat x, y, dan z ditentukan oleh berapa jaraknya terhadap bidang:
1. zoy : koordinat x disebut absis
2. xoz : koordinat y disebut ordinat
3. xoy : koordinat z disebut aplikat
1. Penulisan vektor di ruang tiga (R3)
Diketahui vektor a dengan komponen-komponen x, y, z ditulis dalam:
a. vektor kolom :
b. vektor baris :
c. Basis vektor :
(i, j dan k vektor satuan pada sumbu x, y dan z)
2. Rumus-rumus pada vektor di R3
a. Diketahui titik P(x, y, z) dan Q (x2, y2, z2) maka vektor posisi dari:
1) titik P :
2) titik Q :
3)
b. Panjang vektor = xi + yj + zk adalah :
Panjang vektor adalah
c. Hal-hal lain yang berlaku pada vektor di R2 berlaku juga pada vektor si R3
3. Rumus pembagian ruas garis
a. Titik P menjadi di dalam ruas garis AB
|
|
A P B
b. Titik P membagi di luar garis AB
|
|
c.
|
|
|
| |||
- Jika diketahui vektor dan maka vektor adalah:
- Jika diketahui koordinat titik A dan B maka koordinat titik P (xp,yp,zp) adalah:
4. Tiga titik yang segaris (kolinier)
a. Tiga titik A, B, dan C dikatakan segaris (kolinier) jika dipenuhi:
= k atau = k atau = k dengan k bilangan real
b. Dua vektor a dan b dikatakan segaris atau sejajar jika dipenuhi
A = kb atau b = ka, elemen bilangan real
5. Tiga titik yang sebidang (koplanar)
Tiga titik A(x1, y1, z1), B(x2, y2, z2), dan (x3, y3, z3), dikatakan sebidang atau coplanar jika dipenuhi:
Jika dipenuhi: = 0 (diterminan matrik ordo tiga)
6. Titik berat dari sebuah segitiga
Jika diketahui segitiga ABC dengan A(x1, y1, z1), B(x2, y2, z2), dan C(x3, y3, z3) maka koordinat titik berat segitiga tersebut adalah Z(xz, yz, zz)
Lembar Kerja Siswa
1. Diketahui titik P (x+1, 1,-2), Q (2,y-2, 2) dan R (5, -3, -10)
Jika P, Q dan R kolinier tentukan nilai x + y !
Jawab: P, Q, R kolinier berarti
….. = k (……)
k = …….
……. = ……. ……. = …….
x = ……. y = …….
Jadi x + y = ……
2. Segitiga PQR, titik P(1,2,3). Q(2,8,3) dan R (2,-1,3) jika titik A pada QR sehingga QA : QR = 1 : 3 tentukan vektor PA.
Jawab:
=
=
=
=
Pelatuhan 15
A. Berilah tanda silang (x) huruf a, b, c, d atau e pada jawaban yang paling benar!
1. Koordinat titik P (2,-3,1), vektor posisi PQ = -3i + 5j + 4k dan = I +4j + 4k maka panjang vektor QR adalah….
a.
b.
c. 3
d.
2. Diketahui ruas garis AB dengan A(-3,1,-3) dan B(3,-2,6) jika titik c diperpanjangan AB dan maka koordinat titik c adalah….
a. (5,-3,9)
b. (5,-5,8)
c. (11,-3,9)
d. (11,-5,9)
e. (5,03,15)
3. Segitiga ABC dengan A(-2,1,-3), B(x, y, z) dan C(3, 1, 3) jika titik berat DABC adalah Z(2, -1, 2) maka nilai x + y + z = …..
a. 3
b. 4
c. 5
d. 6
e. 7
4. Diketahui P(1, -2, -1), Q(6, 3, 4) dan R(a, b, 2) jika R membagi PQ di dalam dengan perbandingan m : n, maka nilai a dan b adalah …..
a. 1 dan 4
b. 4 dan 1
c. -4 dan 1
d. 4 dan -1
e. -4 dan -1