muslim


Muslim (bahasa arab:مسلم, mŭz'lĭm) adalah secara harfiah berarti "seseorang yang berserah diri (kepada Allah)", termasuk segala makhluk yang ada di langit dan bumi (QS Al-Imran 3:83, 1:2).
Al Qur'an menjelaskan tentang semua nabi dan rasul adalah sebagai Muslim, dari AdamNuhMusaIsa dan Muhammad. Al Qur'an menyatakan bahwa mereka adalah Muslim karena mereka hanya berserah diri kepada Tuhan, memberikan firman dan menegakkan agama Allah. Demikian pula dalam surah Al-Imran dalam Al-Qur'an,
Para hawariyyin (sahabat-sahabat setia) berkata kepada Isa: "Kamilah penolong-penolong (agama) Allah, kami beriman kepada Allah; dan saksikanlah bahwa sesungguhnya kami adalah orang-orang yang berserah diri." (Al-Imran 3:52)
Pada zaman sekarang kalimat muslim merujuk kepada penganutagama Islam. Muslim sebutan untuk pria Islam sedangkan muslimah (مسلمة‎) sebutan untuk wanita Islam.
Muslim selalu melakukan salat lima kali dalam sehari sebagai kewajiban dalam agama (fardhu), lima waktu salat ini adalah subuh,dzuhurasharmaghrib dan isya dan ada juga salat khusus pada hari Jumat yang disebut sebagai Salat Jumat.